Pages

Powered By Blogger

Sabtu, 05 November 2011

Mengingat Lagu atau Mengingat Pelajaran

 oleh Rossita Dewi Permata

Pada dasarnya mengingat lagu dengan mengingat pelajaran itu sama atau bisa juga lebih sulit. Yang membedakan, kita mengingat lirik lagu dengan tambahan mengingat intonasi nada.   Tidak mungkin kalau mengingat lirik lagu tanpa mengingat intonasi nadanya. Karena lagu itu terdiri dari lirik lagu, intonasi nada, dan alunan musik yang mengiringi lirik lagu itu sendiri. Sedangkan mengingat pelajaran itu sebenarnya lebih mudah, karena hanya mengingat inti dari pelajaran. Bukan mengingat keseluruhan isi dari pelajaran.
Kenyataannya sampai saat ini masih banyak anak-anak yang susah mengingat pelajaran. Tapi mudah mengingat lirik lagu dengan intonasi nadanya. Mengapa demikian? Menurut saya, terdapat  beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak mengalami hal seperti itu, diantaranya;
·         Anak-anak merasa bosan dengan apa yang mereka pelajari.
·         Anak-anak tidak memahami apa yang mereka pelajari.
·         Anak-anak lebih menyukai hal-hal yang berbau audiovisual.
·         Alunan musik lebih merangsang otak anak untuk cepat menangkap apa yang didengarnya.
·         Dengan lagu anak mudah untuk mengekspresikan bagaimana dirinya.

Sungguh disayangkan apabila anak-anak lebih mampu mengingat lagu daripada mengingat pelajaran. Anak-anak yang mampu mengingat lagu tapi ternyata susah mengingat pelajaran. Sebenarnya mereka mempunyai kemampuan mengingat yang tinggi. Karena lagu-lagu yang beragam mereka dapat mengingatnya dalam jangka waktu yang tidak lama. Tatapi karena proses yang tidak sama antara mengingat lagu dengan mengingat pelajaran. Maka dari salah satu proses itu ada yang tidak maksimal.
Apabila anak-anak mengalami hal seperti itu, adanya pendamping belajar yang kreatif sangat dibutuhkan. Karena dengan pendamping yang kreatif, anak tidak akan merasa bosan. Membuat anak merasa senang dengan pelajaran yang mereka pelajari. Itulah proses awal yang sangat mendukung untuk kelanjutannya. Apabila anak-anak sudah merasa senang, maka mengingat apa yang sudah mereka pelajari itu dapat dengan mudah.
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar